Sekilas tentang Penilaian Risiko untuk Penyusunan Prioritas Pemeliharaan Bendungan

Image

Kegagalan/keruntuhan bendungan dapat menyebabkan bencana yang besar di hilir bendungan, termasuk kehilangan nyawa dan kerusakan infrastruktur yang ada. Penilaian risiko bendungan digunakan untuk mengevaluasi potensi kegagalan bendungan berdasarkan kondisi bendungan maupun akibat yang terjadi apabila terjadi kegagalan bendungan.

Pemeliharaan bendungan adalah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh pemilik/pengelola bendungan agar bendungan dapat berfungsi dengan baik dan keamanannya terjaga. Mengingat keterbatasan anggaran dalam bidang pemeliharaan bendungan, maka dirasa perlu disusun skala prioritas dalam pengalokasian anggaran. Untuk menyusun prioritas tersebut maka diusulkan penggunaan prioritas berbasis nilai risiko.

Harrald dkk (2004) telah melakukan studi mengenai metode-metode yang digunakan dalam penyusunan prioritas berbasis nilai risiko. Metode-metode yang dikaji Harrald dkk (2004) diantaranya Risk Based Profiling System, Condition Indexing (Andersen), dan Portofolio Risk Assesment.

Di Indonesia, penilaian risiko bendungan pernah dilakukan oleh Puslitbang SDA (2010), seperti bisa dilihat dalam publikasinya, Indeks Risiko Bendungan tipe Urugan. Penelitian dari Puslitbang SDA menggunakan Metode Andersen (2001) yang telah dimodifikasi. Selain itu juga pernah dilakukan penilaian risiko oleh Ditjen SDA (2008) menggunakan Metode ICOLD Modifikasi. Metode ICOLD Modifikasi diadaptasi dari Bulletin ICOLD (1989) no.72 mengenai Selecting Seismic Parameter for Large Dams.

Inti dari semua metode itu adalah dihasilkannya sebuah nilai risiko dari bendungan-bendungan yang menjadi inventory dari pengelola/pemilik, dimana dari nilai-nilai itu dapat diperingkat berdasarkan besarnya nilai risiko. Nilai terbesar biasanya  harus mendapatkan prioritas terbesar. Dari kegiatan itu diharapkan anggaran pemeliharaan dapat jatuh pada bendungan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s