Akhirnya, Polemik BanyuGeni Berakhir

Setelah perdebatan seru dan sengit dimana-mana, di dunia nyata dan dunia maya, termasuk blog ini, akhirnya semuanya sampai pada titik akhir. BANYUGENI dipastikan bohong. Hal ini dikatakan sendiri oleh launchernya yaitu, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY). Seperti yang ditulis oleh detik.com.

Tim Peneliti Banyugeni dari Pusat Studi Pengembangan Energi Regional (Pusper) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara resmi menghentikan proyek banyugeni, bahan bakar berbasis air. Penghentian ini dilakukan setelah proyek yang ditawarkan Joko Suprapto cs itu dipastikan bohong-bohongan.

Rektor UMY, Dr H. Khoiruddin Bashori mengatakan : “Setelah dilakukan telaah teknis dan akademis, baik proyek Banyugeni maupun Pembangkit Listrik Mandiri Jodhipati, Senat UMY memutuskan penelitian Banyugeni tidak layak diteruskan”.

Dia mengaku dua proyek itu memang melibatkan Joko Suprapto (Blue Energy) asal Nganjuk Jawa Timur dan Purwanto asal Solo yang diangkat menjadi konsultan ahli untuk proyek Banyugeni sejak akhir tahun 2007.

Sementara itu Humas UMY Ahmad Maruf menambahkan saat demo Banyugeni bulan Februari 2008, bahan bakar yang dinyalakan untuk kompor, lampu teplok dan motor bukan dari hasil penelitian di lab Pusper. Namun bahan bakar itu sudah dibawa Purwanto sendiri. “Itu yang kami tahu, tapi masih perlu dicek lagi,” kata Maruf.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan roadshow kepada sejumlah pihak untuk menjelaskan dan memberikan klarifikasi bahwa saat ini UMY telah menghentikan proyek itu dan tidak ada hubungan atau putus hubungan dengan Purwanto. “Kita akan lakukan roadshow agar masyakarat semakin jelas. Sedang untuk akademis, sudah kami serahkan kepada senat UMY,” pungkas Maruf.

Okeyyy…..Saya pikir perdebatan sudah berakhir. UMY sudah mengklarifikasi tentang banyugeni. Semua sudah clear kan??? Ada yang masih mau ngeyel????😆

Berita lain:

UMY Gugat dan Laporkan Joko Suprapto Cs ke Polda DIY

Terkait Banyugeni, Peneliti UMY dan UGM Bongkar Trafo Ajaib

Alat Pembangkit Listrik Joko Suprapto Cs Bohong Besar

Kisah Pembongkaran Pembangkit Listrik Joko Suprapto Cs di UMY

4 responses to “Akhirnya, Polemik BanyuGeni Berakhir

  1. wes bubar kabeh , seng iso dadi BBM ora banyu geni neng banyu gendeng , tinimbang mumet ngombe banyu gendeng didadikne BBBm lak wes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s