Tugas Akhir Menentukan Pekerjaan Anda???

Memang aneh.. tapi ini nyata, Tugas Akhir (TA) yang anda kerjakan semasa kuliah akan menentukan pekerjaan anda (yang saya tahu baru sebatas bidang sipil) . Hal ini saya dan teman saya rasakan ketika kemarin mengikuti sebuah tes sebuah perusahaan. Pada waktu tes tertulis memang tidak ada pertanyaan spesifik mengenai TA, namun ketika tes wawancara, baru dikupas habis masalah TA.

Finally, setelah tes itu, setelah mengetahui nama-nama yang diterima, saya dan seorang teman saya mengambil kesimpulan, ternyata TA menjadi poin terpenting yang menentukan masuk dan tidaknya di perusahaan itu.

Lantas, adilkah itu??? Apakah yang mengambil TA tranport tidak bisa menghitung pondasi???Apakah yang mengambil TA hidro tidak bisa menghitung struktur???Apakah yang mengambil TA beton tidak bisa Manejemen Konstruksi??? Yang benar saja. Lantas apa gunanya mata kuliah-mata kuliah itu diajarkan??? Kenapa tidak langsung mengambil Tugas Akhir saja kalau begitu???

Kalau kurikulum yang dulu2 ya memang ada konsentrasi. Mahasiswa diarahkan memilih konsentrasi yang disukainya. Dan itu mereka memang membuat pilihan untuk masa depannya, mau jadi ahli struktur, hidro apa trasnport. Namun kalau memilih TA?? Ayolah…Be realistic…TA itu hanya seperti mata kuliah lain. Banyak alasan memilih TA bung. Tidak sederhana masalahnya. Ada yang menginginkan kecepatan, biaya ringan, kemudahan, tipe dosen, dan masih banyak lagi alasan lain. Tidak sepantasnyalah digeneralisasi, mahasiswa yang mengambil TA Transport (manajemen lagi) terus tidak bisa ngitung gedung bertingkat, jembatan, and soon and soon.

C’mon, Open your eyes…Dunia sudah berubah…..

NB:

TA saya bukan tranport lho, hehehhe…

Semoga lebih banyak perusahaan lebih open minded😉

6 responses to “Tugas Akhir Menentukan Pekerjaan Anda???

  1. i think it will be better if a company select what they are looking for first by GPA and any basic skill, not look their paper or orientation. after the selection is over, they should dos ome training in several days to improve the ability of the new employee. telo bhs inggrisku hancur. aku cah transport. aku bangga jadi anak transport. biarlah ada persh yang ga mau nrima anak transport. tak akuisisi nek suk aku sugih.hahahahahahah…ahh ahh ahh ahh

  2. sprtinya tu ada bnrnya. Dl stlh lls aku apply ke semen padang, di situ dtulis t.sipil (struktur), berkas ku lgsg dtolak (bahkan tahap I pun aku g ikut tesnya. KEsimpulanku mungkin krn jdl TA ku transp. Tp sbg anak transp sjati aku g prnh kecewa.pasti ada jlnnya! Skrg mlh aku krj di prusahaan tambang yg hmpr g da hubnya ma sipil plg2 ilmu pranc geometri jln coal hauling,geotek,hidro. Di tmpt krj ujung2nya bljr lg.. jd yg pntg jgn mdh menyerah!

  3. wekekekek, tenane kang?jgn berkecil hati. Aku lulus tsipil jadi blogger aja deh. sambil nunggu CPNS😀. Jadi blogger penghasilanku bisa $300-$400 sebulan. G perlu susah2 lembur2 di kontraktor atau tambang. Apalagi jadi “Bang Toyib” (3x lebaran/puasa g pulang2…ixixixix)

Tinggalkan Balasan

