Banjir Akibatkan Kerusakan Jalan

Banjir pada awal bulan ini telah mengakibatkan kerusakan infrastruktur termasuk jalan nasional di DKI Jakarta dan sekitarnya. Direktur Jenderal Bina Marga Hermanto Dardak mengatakan, dari 23 Km jalan nasional yang ada di DKI Jakarta dan Tangerang, 25 persen diantaranya mengalami kerusakan akibat banjir. 

“Banjir mengakibatkan kerusakan berupa lubang-lubang pada jalan. Dari 400 ribu m2 luas jalan, 100 ribu m2 saat ini berlubang,” ucap Hermanto Dardak pada program Dinamika Publik di stasiun Jak-TV, Rabu malam (6/2) Hadir pula dalam program dialog tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto serta Direktur Utama PT Jasa Marga Frans Sunito.

Sementara untuk penanganan seringnya tergenang jalan tol akses menuju bandara yaitu tol Sedyatmo, Hermanto Dardak mengungkapkan, tol tersebut memang dibangun diatas tanah rawa yang labil. Dengan alasan tersebut, tol Sedyatmo mengalami penurunan tanah (land subsidence) sebesar 5 cm – 7 cm setiap tahunnya.

“Setelah lebih dari 20 tahun, kini penurunan tersebut memang telah lebih dari 2 meter,” tutur Dirjen Bina Marga.

Salah satu solusi untuk mengatasi genangan banjir pada jalan tol tersebut, pemerintah melalui PT Jasa  melebarkan masing-masing dua lajur di sisi kanan dan kiri dengan konstruksi layang (elevated).  Pengerjaan akan dilakukan mulai dari Km 24 hingga Km 31 dengan ketinggian antara 1,5 m – 2 m.

Hermanto Dardak mengungkapkan, pengerjaan akan dilakukan selama tujuh bulan yang akan dimulai pada Maret depan. Konstruksinya dilakukan dengan tiang-tiang penyangga agar air di sisi kiri dan kanan bisa mengalir serta tidak menggenangi jalan.

“Sekarang ini PT Jasa Marga sebagai pengelola sedang melakukan tender untuk menentukan siapa kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan tersebut,” terang Hermanto Dardak. 

Sebenarnya untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta lanjut Hermanto Dardak, ada beberapa jalan alternatif yang bia dilewati. Jalan tersebut adalah melalui Jalan tol Jakarta – Tangerang dan belok di Cikokol–masuk ke pintu M1 (pintu belakang) Bandara.

Dari belokan kearah Cikokol juga bisa melalui jalan Pembangunan Halim Perdana Kusuma  diatur menjadi satu arah dan masuk ke Bandara. Untuk memperlancar arus  di Tangerang, Departemen PU telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 70 miliar untuk membangun flyover Sudirman, dan diharapkan Mei ini sudah selesai dikerjakan.

Selain itu pengguna jalan yang akan ke Bandara nantinya bisa melewati Jalan Lingkar Luar Jakarta (JORR) seksi II Kunciran – Serpong dan jalan tol Penjaringan – Kebon Jeruk (W1), Ulujami – Kebun Jeruk (W2) yang saat ini didorong untuk dipercepat penyelesaiannya. Diharapkan tahun depan ruas-ruas ini sudah dapat diselesaikan. (rnd)

sumber : pu.go.id 

3 responses to “Banjir Akibatkan Kerusakan Jalan

  1. kereta bandara? jogja udah ada po? yang saya taw kemarin pas lewat bandara cuma ada rel tok, stasiunnya ndak ada. sebenernya ada stasiun maguwo, tapi cuman kayak gtu, ndak representatif, hehe. Py ton? ada ide buat mengembangkan??? kan critanya Adisucipto sudah jadi bandara internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s