Kan Ada INTERNET!!!

Hari-hari terakhir ini saya melihat iklan lucu . Sebenarnya iklan model begini pernah muncul bebarapa bulan yang lalu tapi terus tidak pernah muncul entah ada masalah apa dan sekarang muncul lagi dengan sedikit perubahan.

Pasti sudah pada melihat iklannya kan? Murid SD terpencil dan pelosok bisa memenangkan sebuah lomba hanya karena ada INTERNET.

Memang benar, iklan biasanya hiperbolis, tidak masuk akal, dan cenderung berbohong. Tapi iklan ini mendapat perhatian tersendiri di otak saya karena ini program pemerintah dan diharapkan berguna bagi rakyatnya terutama dunia pendidikan. Kalau iklan sabun apa rokok sih saya nikmati saja πŸ™‚ .

Iklan itu bersetting di sebuah desa yang terpencil yang mungkin listrik saja belum masuk πŸ™‚ . Tapi untunglah di sebuah SD tempat bersekolah para pemeran utama sudah ada listrik sehingga komputerpun bisa dioperasikan disitu πŸ™‚ . Kalau saya ragu listrik belum sampai disitu terus bagaimana dengan kabel telepon? Tapi pertanyaan saya terjawab sudah. Komputer di SD itu sudah tersambung ke INTERNET sehingga bisa dipastikan jaringan telepon sudah ada disitu. Atau mungkin INTERNET-nya memakai satelit?? πŸ˜†

Ada juga kejadian konyol yang malah lebih menunjukkan keterpencilan daerah itu dan masyarakatnya yang buta informasi. Seorang anak yang mengidolakan David Beckham yang berkaos bertuliskan Bekam malah kaget ketika dikasih gambar sang idola yang di donlot dan di cetak oleh temannya. Ada juga kekonyolan ketika seorang penggembala bebek yang bertanya bisakah mencari bebeknya yang hilang dengan INTERNET. Benar-benar bodoh lucu menurut saya.

Terus ada dialog yang diucapkan seorang pemeran utama ketika pak guru bertanya mengapa mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jawabnya..”Kan ada INTERNET….” . Dengan mantabnya sang anak menjawab seolah-olah semua permasalahan bisa dicarikan jawabannya di INTERNET. Di akhir iklan dapat dipastikan bahwa SD yang terpencil itu akhirnya bisa menjuarai perlombaan berkat jasa dari INTERNET.

Tulisan ini saya buat bukan untuk meragukan program pemerintah untuk menyampaikan internet ke seluruh pelosok negeri. Thats a wonderful dream. Bermimpi boleh saja, tapi kita juga harus bisa berkaca dan realistis. Ini program nasional jadi jangan hanya dijadikan permainan dan hiburan. Disaat sekolah-sekolah kita di pelosok negeri sudah reyot dan akan ambruk. Disaat kesejahteraan guru banyak yang belum terpenuhi. Disaat anak-anak usia sekolah masih banyak yang harus putus sekolah dan turun ke jalan untuk sesuap nasi. Layakkah pemerintah mengkampanyekan menjanjikan sebuah makhluk bernama INTERNET kepada mereka???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s