Minggu Tenang

Sebenarnya liburan di kampus saya sudah mulai sejak idul adha kemarin. Tetapi libur yang resmi disebut minggu tenang kayaknya baru mulai kemarin. Ujian akhir akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 3 januari 2008. Baru kali ini ujian dimulai pada hari selain hari senin.

Dengan sangat terpaksa kuliah satu-satunya yang saya ambil tidak bisa saya ikuti ujiannya. Ahhh..kehadiran saya tidak sampai 70%. Kebanyakan nongkrong di laboratorium sih. Biasanya mahasiswa boleh komplain sama jurusan tentang masalah ini. Tapi saya malas, komplain juga malah ditanya macam-macam yang ujung-ujungnya saya tetap tidak boleh ikut ujian L ( banyak kasus kayak gitu ). Mungkin hal ini tidak hanya terjadi di jurusan saya. Banyak juga terjadi di jurusan dan perguruan tinggi yang lain.

Minggu tenang kalau di tempat kami malah disebut minggu tegang. Terutama bagi angkatan-angkatan baru ( sampai 3 tahun pertama ). Banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan dan dipertanggungjawabkan ( responsi ) sebelum ujian akhir dilaksanakan. Karena kadang-kadang mata kuliah tertentu yang ada tugas atau praktikumnya mengharuskan mahasiswanya membawa surat tanda bukti telah melaksanakan tugas atau praktikum yang bersangkutan. Hal inilah yang membuat mahasiswa menjadi mahasibuk.

Kurikulum di jurusan saya sudah berubah. Dan saya kira perubahan itu sangat mengagetkan angkatan baru. Bayangkan saja, mata kuliah struktur bangunan yang dulu diberikan pada semester 2 saat ini dipindah ke semester 1. Dan bayangkan saja, anak-anak yang baru lulus sma (kalau buat lulusan stm mungkin bukan suatu masalah) sudah harus menggambar tampak, potongan, detail, denah, dan lain sebagainya. Padahal matakuliah gambar teknik juga baru diajarkan pada semester yang sama. Berarti anak-anak baru itu membutuhkan usaha yang lebih keras untuk mengerjakan tugas. Dan ini menuntut asisten untuk lebih sabar mendampingi mereka. Belum lagi setelah tugas selesai, para mahasiswa harus berhadapan dengan dosen untuk responsi. Ya kalau pas dapat dosen yang enak, kalau pas dapat dosen yang ”jahat” 🙂 . Menurut saya ini sebuah shock therapy bagi mahasiswa baru.

Tapi bagaimanapun juga, saya yakin hal ini sudah dipertimbangkan masak-masak oleh para pengambil kebijakan. Mungkin ada sisi positifnya. Mahasiswa langsung bisa beradaptasi ( walaupun terpaksa ) dengan jurusannya yang selalu dituntut dengan deadline dan pertanggungjawaban. Mahasiswa juga bisa langsung berbaur dengan teman-temannya karena dalam tugas dituntut sebuah kerja tim.

Akhir kata saya ucapkan selamat menempuh minggu tegang tenang buat teman-teman semua. Lekas dimulai belajarnya karena ujian akhir sudah didepan mata ( kecuali buat saya 🙂 ).

One response to “Minggu Tenang

  1. Kecuali saya juga😆

    Menurut saya ini sebuah shock therapy bagi mahasiswa baru.

    Yang sabar aja…

    Wah angkatan 2003 dah banyak yg lulus ya, angkatan 2004 juga dah mulai menginvasi nih, klo gak cepet2 bisa kesusul aq😦

    Jenengmu sopo toh aq lali eh, tukeran link ya🙂

    >>>Angkatan 2003 masih sedikit kok mas. Belum ada 50% yang lulus🙂 . Jenengku arie mas. Ayo tuker link, saya taruh di blogroll saya ya mas ??🙂

Tinggalkan Balasan

