Dilarang Belok Kanan di Depan GSP

jalan di depan gsp

Sejak Gedung Pusat UGM ditutup untuk kendaraan bermotor, maka pintu  barat Graha Sabha Pramana (GSP) dibuka untuk kendaraan bermotor. Pembukaan pintu itu juga diikuti dengan pengaktifan kembali traffic light perempatan di sebelah barat GSP tersebut. Sebenarnya itu solusi yang sangat bagus, karena kendaraan tetap bisa masuk UGM dari arah Jalan Kaliurang dengan cepat ( tidak perlu ngalang dan  muter2).

Namun…akan tetapi……….

Namun ternyata masih ada kekurangannya. Yaitu jika anda masuk UGM lewat jalan itu, dan di depan GSP anda akan belok kanan (selatan) ke arah bunderan, maka anda akan susah melakukannya. Karena arus lalulintas dari arah selatan (bunderan) sangat padat dan ramai. Daerah itu merupakan titik konflik yang berbahaya yang artinya mudah untuk terjadi kecelakaan. Mungkin karena itu, pihak UGM memasang  rambu larangan untuk belok kanan (ke arah bunderan).

Jadi kalau anda mau belok kanan ke arah bunderan, anda harus berjalan ke timur dulu, menunggu sepi, dan berbalik arah (ini yang sering saya lakukan :lol: ) .

Lantas, adakah solusi untuk masalah itu. Gampang saja menurut saya, buat saja bunderan baru disitu (terinspirasi dari bunderan di sebelah selatan kompleks Pasca Sarjana UGM sebelum masuk ke Fakultas Teknik dari sebelah utara). Seberapa efektifkah sih bunderan itu? Kalau melihat bunderan di depan Pasca Sarjana, saya kira cukup efektif, lalulintas di kawasan Pasca Sarjana bisa lebih teratur terutama di titik konflik yang dulu terjadi sebelum ada bunderan. Hal itu bisa terjadi karena pengendara mau berdisiplin dan tidak malas untuk memutari bunderan. Dulu waktu bunderan di depan Pasca Sarjana awal-awal dioperasikan, banyak pengendara yang belum bisa berdisiplin, namun seiring berjalannya waktu pengendara mulai sadar dan sekarang sudah berdisiplin. Saya kira kalau di depan GSP dibangun bunderan maka pengendara  akan sangat diuntungkan. Pengendara dari arah barat (jalan Kaliurang) bisa mudah belok ke  selatan (bunderan) dan tentu saja pengendara dari arah timur bisa mudah pula untuk ke arah barat (jalan Kaliurang). Selain itu, dengan adanya bunderan saya yakin keselamatan pengendara juga akan lebih terjamin.

3 responses to “Dilarang Belok Kanan di Depan GSP

  1. Ooo baru tahu aq klo km ini simpatisan partai bunderan :lol:

    Ide yg bagus, tapi apakah jalan yg sebelah barat GSP dibuka secara permanen? Klo gak ya mubadzir dong. Lagipula jalan yg ke arah bunderan sudah ada pemisah berupa pulau lalu lintas

    >>>walah,partai bunderan,hidup mahasiswa! :lol:
    selama jalan ke gedung pusat masih ditutup buat kendaraan bermotor,saya kira pintu di barat gsp tetep dibuka mas,tp emg ndak taw sampe kapan,prlu nanya ke pak rektor ;)
    terus tentang bunderan baru itu,maksud saya supaya pengendara dari arah barat bisa nyaman dan aman berbelok ke selatan,dan yg dari timur bisa langsung ke jakal dengan aman dan nyaman juga.Gtu mas :)

  2. Hiya tu, susah jadinya….
    mbukak jalan koq ya tanggung, tapi mungkin itu berdasarkan kajian sebelumnya si, ya manut ae saya.
    Eh, klo yang di Pogung itu kan ada juga larangan belok kanan yah…
    Gimana biar ga selalu dilanggar??

  3. @anton
    wah, kalo yang di pogung itu lebih aneh lagi ton. kalo dari arah timur mau ke pogung terus lewat mana? lewat depan random ya? berarti jalan di depan random itu buat 2 arah ya? terus jalan yang ada larangannya itu fungsinya buat apa? apa biar pd jajan di warung pojok ya? :lol:

    *saya jadi bingung*

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s